Cara mudah menangkarkan gelatik jawa

Setelah membaca artikel Om Adyth terdahulu mengenai burung gelatik jawa, mungkin Anda makin tertarik dengan burung ini dan berniat menangkarkannya.  Sekarang Om Kicau akan memberikan panduan dan tips penangkaran gelatik jawa yang notabene merupakan burung asli dari Pulau Jawa.
Langkah pertama, tentu saja harus memiliki minimal sepasang burung gelatik jawa (Padda oryzivora) dewasa atau siap kawin. Pastikan burung betina berusia 1 tahun lebih, agar kualitas anakan lebih terjamin dan jumlah telur mencapai standar, yaitu 5-6 butir per periode peneluran.
Selain itu, pilihlah pasangan induk yang dalam keadaan tidak mabung atau menunjukkan tanda-tanda akan mabung.
Induk yang siap kawin bisa dilihat dari perilakunya. Induk jantan, misalnya, akan sering berkicau dan lebih aktif di dalam kandang. Kedua induk akan merobek kertas koran yang kita sediakan di lantai kandangnya.
Salah satu karakteristik menyolok dari gelatik jawa adalah penampilannya yang menjadi rapi, bulu-bulu menjadi rapat dan mulus, ketika berada dalam kondisi berkembang biak.
Langkah kedua, menyiapkan kandang. Tak ada batasan mengenai penggunaan kandang yang cocok. Model kandang bisa berupa kandang soliter (untuk sepasang induk), kandang koloni / ombyokan (untuk beberapa pasangan induk), maupun kandang aviary / umbaran terbuka.
Rangka kandang pun bisa terbuat dari besi atau kayu. Untuk detailnya, silakan buka lagi di sini. Yang penting adalah kenyamanan dan keamanan bagi penghuninya selama masa berkembang biak tersebut.
kandang gelatik
KANDANG SISTEM KOLONI PUNYA OMKICAU
Menyiapkan kotak sarang
Kotak sarang untuk burung gelatik jawa bisa menggunakan media kayu yang dibentuk khusus (glodok) sebagai tempat bertelur dan mengerami telur bagi burung ini. Banyak jenis dan tipe kotak sarang, silakan pilih yang sesuai dan cocok dengan kandang penangkarannya.
ANEKA BENTUK KOTAK SARANG
Berikutnya adalah menyiapkan bahan penyusun sarang, misalnya rumput kering, sabut/serabut kelapa, atau bahan lainnya. Masukkan semua bahan ke dalam kotak sarang, lalu ditekan-tekan dengan tangan hingga membentuk seperti sarang. Ambil beberapa helai bahan tadi, kemudian diatur hingga menjulur keluar dari pintu masuk kotak sarang. Ini untuk memancing burung agar cepat bertelur.
TRIK MEMPERCEPAT  BURUNG BERTELUR
Setelah 7-14 hari dipasangkan, biasanya induk betina akan bertelur dengan jumlah 5-6 butir dan akan menetas setelah 18 hari masa pengeraman. Jika diasuh induknya, piyik akan mulai keluar dari sarangnya pada umur 28 hari. Piyik bisa langsung dipasangi ring untuk dipasarkan atau dipelihara hingga dewasa.
Untuk lebih mempermudah perhitungan dimulai dari burung betina bertelur hingga anakan menjadi dewasa silahkan download kalkulatonya disini : Java Calculator
Oh ya, untuk memudahkan penghitungan sejak burung bertelur, lahir anak-anaknya, hingga dewasa, Anda bisa menggunakan software bernama Java Calculator. Silakan download software tersebut di sini.
Semoga bermanfaat.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

Jangan Lupa Like And Follow Yach!!!

×
 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 Suara Burung Kicau ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0