Jenis-Jenis Kecer yg Ada di Indonesia

Pada kali ini saya ingin membahas lagi tentang burung kacer, langsung to the point aja ya. yaitu jenis-jenis burung kacer yang ada di indonesia.
di indonesia hanya ada dua jenis kacer yang paling dominan di pasaran burung. yaitu kacer jawa dan kacer poci, perbedaan antara kedua kacer ini sangatlah mencolok yaitu pada bagian dada nya. mungkin anda sering melihat ada kacer yang berbulu dada hitam putih dan hanya hitam saja. dan kali ini saya akan membahas antara kedua kacer ini.


Pertama yaitu kacer jawa  atau nama ilmiahnya biasa disebut Copsychus sechellarum, kacer ini mempunyai ciri ciri yaitu  pada bagian dada hingga pantatnya berwarna hitam. hanya sebagian  sayapnya yang berwarna putih.
kacer ini tidak berbeda dengan kacer pada umumnya, burung ini dapat menirukan berbagai macam suara yang dimasterkannya. tipe suara untuk jenis ini adalah sedang dan menyukai udara yang agak panas.

burung kacer jawa hitam

kacer hitam (kacer jawa)


Kacer poci atau juga kacer sumatra, dengan nama ilmiah Copsychus saularis. dengan perbedaan yang paling mencolok yaitu pada bagian dada perut hingga pantat berwarna putih. sedangkan untuk warna tubuh lainnya sama seperti pada kacer jawa.dan untuk suara jenis ini mempunyai suara yang nyaring keras dan pintar menirukan suara masteran.
Kekedar tips memilih kacer poci yang bagus yaitu pilihlah kacer poci dengan warna hitamnya yang lebih banyak ( hitamnya agak ke bawah). dengan dada yang membusung besar dan paruh yang tebal dan panjang (untuk ini berlaku juga untuk kacer janis lain).

kacer poci C saularis

kacer poci jantan

kacer poci


Sedangkan burung kacer yang sangat mirip dengan kacer poci adalah kecer madagaskar, yang masih sepupu dengan kacer poci. ada juga 9 sub species dari kacer tersebut yaitu:

1. saularis, (Thailand, India, Nepal, Malaysia, Indonesia),
2. andamanensis, (Kep. Andaman),
3. musicus, (Peninsular, Malaysia, Thailand),
4. prosthopellus, (Hainan-China),
5. erimelas (India ke Indochina),
6. pluto (Sabah-Malaysia, Borneo-Indonesia),
7. ceylonensis (India, Srilanka),
8. adamsi (Sabah-Malaysia, Borneo-Indonesia),
9. mindanensis (Mindanao-Philippines).


kacer madadagaskar Copsychus albospecularis

kacer madagaskar


Selain itu juga ada kacer jenis baru yang ada di pasaran saat ini. menurut peneliti kacer ini lahir antara perkawinan alamiah kacer hitam putih dengan kacer jawa (kacer hitam) . yaitu kacer blorok.untuk  kacer ini tidak kalah merdunya dengan saudaranya yang lain..

kacer blorok
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

Jangan Lupa Like And Follow Yach!!!

×
 
Posts RSSComments RSSBack to top
© 2011 Suara Burung Kicau ∙ Designed by BlogThietKe
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0